October 12, 2011

I LOVE Keroncong

Yen ing tawang ana lintang, cah ayu...

Indonesia banyak banget budaya yang mendunia. Bangga rasanya jadi orang Indonesia dan sudah tentu menjadi pewaris dari kemerdekaan Indonesia berikutnya. 
         
#Apa si yang lu banggain dari Indonesia dit? 
         
Banyak sob, dari kuliner ampe budayanya okke punya. Ya, budaya. Sering Indonesia dijuluki seribu budaya karena emang di Indonesia seabrek budayanya, dari Sabang ampe Merauke. 
         
Kali ini gua pengen nih ngenalin ke blogwalker tentang musik yang melekat di wilayah Jawa Tengah. Yeaaaah, keroncong. Tau ngga kalian musisi keroncong asal kota Solo yang uda terkenal di kancah Internasional? #Siapa emang dit? Wah...kalo ampe belum tau, ketinggalan banget nih. Alm. Eyang Gesang.
  -BENGAWAN SOLO-
Bengawan Solo, riwayatmu kini
Sedari dulu jadi, perhatian insani,
Musim kemarau, tak sebrapa airmu
Di musim hujan air,
meluap sampai jauh.

  Mata airmu dari SOLO
  Tergunung-gunung seribu
  Air mengalir sampai jauh
  Akhirnya ke laut............


Ngga banyak yang gua tau tentang lagu-lagu keroncong, tapi gua bangga banget Indonesia punya genre lagu yang beginian. 
         
Sedikit cerita, kemaren gua dateng di acara SOLO KERONCONG FESTIVAL. Sekaliian ngeksis sama temen-temen gua dari luar kota yang minta dianterin ke acara ini. Sebenernya gua sendiri juga ngga tau banyak soal lagu keroncong, tapi setidaknya sebagai anak kelahiran kota Surakarta Hadiningrat ASLI, gua menunjukkan sikap tanggap budaya doong...hehehe. #Walopun cuman pas-pasan ilmunya. 
         
Ini nih, beberapa foto yang berhasil gua ambil dari acara itu..
Musisi dari Malaysia

Acaranya keren banget sob. Musisi dari luar negeripun ikut ambil bagian dari festival ini. Yang gua kagumin dari genre musik ini, alunannya yang kalem (slow). Gua ngerasa pas gua dengerin musiknya, beda banget sama saat gua liat konser dengan genre musik yang laen. Kali ini gua lebih tenang dan berasa gua dibawa ke alam imaginasi. Musiknya yang punya cengkok khas ini bikin gua anteng (diem) di tempat duduk gua #berasa kebius gitu.*Lebay lu dit...
         
Tapi sayang, peminat dari genre musik ini uda semakin berkurang. Mungkin anak muda jaman sekarang lebih suka sama genre musik yang lebih nunjukin emosionalnya kali ya.. *kaya lu engga aja dit..hehehehe. Tapi mungkin dengan beberapa festival musik ethnic yang digelar di kota tercinta gua "SOLO" ini bakal mempertahanin komunitas yang suka sama genre musik ini sob....#amin.

Ngga mau banget dah kalo ampe ini musik ilang dari budaya Indonesia. Paling ngga gua uda kenal sob sama genre musik ini, & alhasil gua demen dah tu dengerinnya apalagi sekarang uda banyak banget sama lagu keroncong yang dikolaborasiin sama musik Jazz. 
         
Buat para bloger yang belum pernah denger musik keroncong langsung, bisa deh tuh dateng ke SOLO...hehehe, disana bakal dimanjain sama yang namanya keroncong. Biar ngga penasaran, ini nih musik keroncong yang melegenda...

         
Legenda Keroncong Dunia
"Bengawan Solo"
         
          Okke, bagi yang belum puas sama video diatas, bisa langsung cek ke TKP... Surakarta Hadiningrat.

6 comments:

  1. Aku salah satu yang suka musiknya. Meski tdk terlalu fanatik ampe mengkoleksi banak lagu, tapi kalu siang hari, sambil istirahat, adaaja lagu keroncong yg aku puter buat didengerin. :)

    ReplyDelete
  2. :D
    keren, semoga keroncong masih tetep ada .
    Lagunya yang khas and ngga berat :)

    ReplyDelete
  3. nice post!Lestarikan budaya Jawa..

    ReplyDelete
  4. :) thanks Astian
    lestarikan budaya Indonesia and ngenalin ke dunia lebih bagus ko.. :D
    keep proud of the culture Indonesia :)!!

    ReplyDelete
  5. waaaaaah kereeeeeeeeeeen yaah acaranya :D
    saya belum pernah liat live perform keroncongan gitu :D

    ReplyDelete
  6. @ratu : bisa dateng deh di solo :D
    banyak live perform keroncong ko.. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...