September 25, 2011

Bikin Paper Toys

Hey Blogwalker, gua mau ngeshre aja nih kesukaan gua saat ini and detik ini juga. yup..Paper Toys. Mungkin udah banyak yang ngerti kali ya barang yang satu ini. Apa lagi cara dan dapetinnya gampang banget, tinggal buka om google. Oke, buat blogwalker yang belum ngerti apa itu paper toys and gimana bikinnya, simak baik-baik ya cara bikinnya. Cekidot.

          
Apa itu Paper Toys? Paper toys adalah semacam mainan. Paper Toys untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh orang-orang Jepang dan Hongkong, dan mulai berkembang pada tahun 90an-akhir ke kawasan lainnya (Eropa, US), banyak desainer desainer dari barat juga akhirnya terlibat dalam keasikan membuat mainan ini, karena mungkin fleksibilitas dan adaptasi dari benda ini yang sangat luar biasa, sehingga sewaktu waktu benda ini bisa berubah menjadi apapun.

Siapapun sebenarnya dapat mendesain mainan ini menurut versinya sendiri, karena didesain oleh desainer tamu biasanya mainan tersebut malah bertambah nilainya atau harganya, dengan tema yang berubah juga.

Mirip2 dengan origami, tapi paper toys ini menggunakan lem untuk membuat bentuknya. Selain bisa memberikan warna pada kertas, bentuk dari paper toys ini bisa bermacam-macam.
         
Untuk membuatnya tidak rumit, sudah ada templatenya yang disediakan oleh artist design, tinggal di donlot :lol: . Atau jika lebih kreatif, kita bisa menciptakan bentuk sendiri.


Tahap Membuatnya?
tahap membuat paper toy’s ini adalah:
1.  Download templates design paper toys (ex bisa donlot disini: readymech atau salazad ) bisa juga membuat kreasi sendiri dg blank templates.
2. Print templates, print hasil donlotan (sebaiknya print yang bagus, ex: print laser) kemudian pilih kertas yang mempunyai gramatur agak tebal (misal 210gr).
3.  Kemudian gunting sesuai pola templates, lem pada bagian sesuai petunjuk/bentuk.
4. Selesai..!! :lol:
Oh ya, ada juga forum untuk paper toy’s loh http://nicepapertoys.com
donlot templates : http://readymech.com




          Selamat Mencoba :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...