October 08, 2011

How To Make a Song

Setelah beberapa hari g nyampah ngepost akibat beberapa aktivitas gua yang sedikit menyita waktu, akhirnya baru sekarang nih ada waktu buat ngepost lagi  sob #sok sibuk.
         
Kali ini buat blogwalker yang punya hobi sama kaya gua, yeaaah...play musik, siap-siap nih buat duduk manis nyimak tips and trik gimana caranya bikin lagu. Bikin lagu?susah dit.. Weiiits, siapa bilang susah. Gua aja yang notabene seorang drumer uda punya 4 lagu #walopun pas-pasan, & uda masuk proses recording guys.SmileyCentral.comhehehehehe..
         
Bagi musisi atopun anak band, pengen dong punya lagu sendiri. G  cuman anak band ato musisi doang, anak galau ato kali aja ada ABG yg pengen nembak gebetannya, recomended banget nih kamu pake cara bikin lagu ala lu sendiri buat si doi. Dijamin dah tuh gagal sukses #Amiiin.SmileyCentral.com
         
Buat yang belum pernah bikin lagu dan pengen bikin lagu yang easy listening ada beberapa tips and trik nih. Sebelumnya harus diinget guys, proses menulis lagu berbeda-beda bagi tiap penulis lagu, sama sekali tidak ada peraturan yang baku, bebas deh. Dan ini tips and trik berdasar dari musisi kelas atas juga lhoh.. Simak baik-baik.


 1. Mulai dari bentuk lagu.
Proses atau metode ini yang paling sering digunakan sama musisi-musisi kelas atas. Bahkan ada musisi kelas atas yang g ngerti sama sekali cord tapi dia mahir banget bikin lagu yang easy listening.  Yeaaah, Adhitya Ardan Sofyan. Lagu-lagu dia kaya Adelaide Sky, Memilihmu, In To You, Blue Sky Collapse, Gaze, Immortal Mellow dan masih banyak lagi. Dia bikinnya pake cara ini sob. So buat kamu yang g ngerti cord jangan minder deh buat tetep semangat bikin lagu. Cara ini selalu dimulai dari mencari-cari cord / suara yang enak (fresh) ditelinga sebelum bikin liriknya.  Entah nantinya mau dibikin cerita lagu yang gimana, asal musiknya uda dapet yang easy listening bakal gampang buat bikin liriknya. Cara ini juga yang biasa gua pake buat bikin lagu sob. Mungkin next post deh, bakal gua share hasil record gua.SmileyCentral.com


2. Mulai dari sebuah kalimat.
Karena ilmu gua pas-pasan soal menyoal cord, mungkin metode yang diatas bakal  selamanya gua pake sob. hehehehe..
         
Cara ini lebih susah #menurut gua. Cuman buat temen-temen yang uda mahir banget nih soal cord, boleh dicoba deh buat pake cara ini. Cuman kemungkinan buat dapetin predikat musik yang easy listening bakal susah juga. Kenapa lebih susah? bayangin aja de, kita bikin liriknya dulu baru kemudian kita bikin musiknya. Waktu yang dibutuhin buat bikin lagu dengan cara ini bakal memakan waktu yang lebih lama juga dibandingin yang pertama.

Saran dari temen gua yang uda pernah dapetin MURI gara-gara kepintaran dia buat maenin gitar #MURI guys, g maen-maen. Dia bilang gini nih,"kalo lu pengen bikin lagu yang enak buat didenger sedangkan lu belum mahir banget soal cord, mending pake cara bikin musiknya dulu baru liriknya" yeah cara pertama.

3. Mulai dari judul yang menarik.
Cara yang satu ini yang paling susah. Bayangin, kita harus bikin liriknya setelah kepikiran judul yang oke buat musiknya. Padahal kita belum tentu bisa ngepasin suasana musik dengan suasana lirik yang temen-temen ciptain. Cara ini juga g gua anjurin, susah de pokoknya. Waktu yang dibutuhin buat bikin lagu dengan cara beginian juga lebih lama. Paling lama bahkan dibandingin sama trik-trik diatas.


Oke guys, mungkin cuman 3 trik itu aja yang gua ngerti dan uda pernah gua praktekin. Yang pasti cara paling gampang bikin lagu cuman satu ko, luapin semua hal yang pengen lu sampein di musik, jadi dah tuh musik ala lu sendiri. Tinggal sedikit poles, jadi deh musik yang easy listening.
         
Selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...